Manfaat Berenang Untuk Ibu Hamil Pada Usia Kehamilan 5 Bulan Manfaat Berenang Untuk Ibu Hamil Pada Usia Kehamilan 5 Bulan ~ kehamilan 5 bulan

Rabu, 10 Juni 2015

Manfaat Berenang Untuk Ibu Hamil Pada Usia Kehamilan 5 Bulan

Manfaat Berenang Untuk Ibu Hamil Pada Usia Kehamilan 5 Bulan

Manfaat Berenang Untuk Ibu Hamil Pada Usia Kehamilan 5 Bulan

Apakah anda termasuk salah satu penggemar olahraga berenang? Jika iya, perlu anda ketahui, bahwa olahraga berenang ini juga bisa dilakukan meskipun dalam keadaan hamil sekalipun. Walaupun usia kehamilan 5 bulan, anda tetap bisa melakukannya kok. Justru hal tersebut sangat disarankan, karena mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh anda dan janin yang anda kandung.

Berenang itu sendiri merupakan salah satu olahraga yang termasuk low impact, dimana tidak terlalu banyak membutuhkan gerakan berat dalam melakukannya. Meskipun begitu, anda juga harus tetap memperhatikan cara berenang yang baik ketika sedang hamil, agar tetap safety dan tidak menimbulkan resiko terjadinya gangguan pada kesehatan janin yang anda kandung tersebut.

Gaya berenang yang dianjurkan untuk ibu hamil adalah gaya dada dan gaya bebas. Namun, yang paling banyak dilakukan adalah gaya dada, sebab gaya berenang yang satu ini tidak banyak membutuhkan tenaga, selain itu juga bisa mengurangi rasa nyeri pada punggung si ibu saat hamil.

Manfaat Berenang Pada Usia Kehamilan 5 Bulan

Prinsip safety, memang harus diterapkan oleh para ibu yang ingin melakukan olahraga berenang ini pada saat ia hamil, agar dapat memberikan efek manfaat pada tubuh dan janin yang dikandungnya. Adapun manfaat berenang bagi ibu hamil adalah :

· Dapat mempermudah proses persalinan, karena pada saat berenang secara tidak langsung melatih otot-otot pada rahim dan sendi-sendi panggul.
· Berenang ini mampu melatih sistem pernafasan kita agar tidak mudah terengah-engah, sehingga hal ini dapat memudahkan si ibu hamil untuk mengejan saat proses persalinan.
· Berenang dapat membakar kalori, sehingga bisa menurunkan berat badan yang berlebihan saat anda hamil.
· Menjaga kebugaran tubuh, dengan maksimal 3 kali melakukan olahraga berenang dalam sepekan.
· Dapat menjaga kesehatan jantung dan memperlancar peredaran darah.
· Membuat si ibu hamil menjadi lebih rileks dalam menjalani kehamilannya, sehingga dapat terhindar dari rasa stres. 
· Membuat tidur anda menjadi lebih nyenyak dan berkualitas.

Namun, untuk mengoptimalkan manfaat dari berenang tersebut harus dibarengi juga dengan selalu bergaya hidup sehat dan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung nutrisi untuk ibu hamil tentunya. Selamat mencoba!

1 komentar:

  1. ternyata boleh ya berenang ketika ibu sedang hamil dan bermanfaat pula berenangnya.

    BalasHapus